Minggu, 13 Desember 2015

Buku Model Pendidikan Life Skills


KONSTRUKSI
MODEL PENDIDIKAN
BERBASIS LIFE SKILLS









Oleh:
Dr. H. Mudzakkir Ali, M.A.







WAHID HASYIM UNIVERITY PRESS
SEMARANG

2011

KONSTRUKSI MODEL PENDIDIKAN
BERBASIS LIFE SKILLS

Hak Cipta @ Mudzakkir Ali

Pertama kali diterbitkan dalam Bahasa Indonesia
Oleh : Wahid Hasyim University Press, Juli 2011

Disain sampul dan Ilustrasi :
Penata teks : Tim Penerbit  Wahid Hasyim University Semarang

        Cetakan I
Semarang : Badan Penerbit Universitas Wahid Hasyim
              Semarang,  2011
279 + viii halaman; 15,5 cm x 23 cm
ISBN :  978-602-8273-34-3

Hak cipta dilindungi undang-undang

 

     
Dilarang memperbanyak, mengutip sebagian atau seluruh
isi buku ini dalam bentuk apapun, dengan cara apapun,
Tanpa ijin tertulis dari pengarang dan penerbit


Isi di luar tanggung jawab Wahid Hasyim University Press Semarang




KATA PENGANTAR
Di tengah keterpurukan peran dan fungsi sosial pendidikan, kini para ahli pendidikan dan pengambil kebijakan  berusaha mencari bentuk atau model pendidikan yang paling efektif untuk mewujudkan tercapainya tujuan pendidikan nasional. Kelemahan pendidikan berkaitan dengan muatan kurikulum yang tidak atau kurang dipersiapkan bagi peserta didik untuk mampu menghadapi problema hidup. Kelemahan proses terletak pada kultur lingkungan yang tidak mendidik. Kelemahan output  terutama adanya ketimpangan kualitas output dengan kualifikasi tenaga kerja yang dibutuhkan.
Tulisan ini merupakan sebuah konstruksi model pendidikan life skills sesuai  filosofi pendidikan dan  falsafah hidup bangsa yang selaras dengan nilai-nilai Islam, yang didasarkan pada Research and Development (R & D) di 3 (tiga) sekolah / madrasah.
Berdasarkan analisis temuan, maka deskripsi pengembangan model pendidikan life skills meliputi: (1) model kurikulum life skills yang sinergi dan terintegrasi pada setiap mata pelajaran, (2) model pembelajaran secara interaktif dan terciptanya kultur life skills yang kondusif dalam satu lingkungan pendidikan, (3) model pendidik dan tenaga kependidikan yang memiliki kompetensi dan menjadi teladan dalam kehidupan sehari-hari, (4) model  kompetensi lulusan yang sadar menjalankan agamanya, berilmu, terampil, bermasyarakat, dan berbudaya. Indikator kompetensinya, lulusan mampu menghidupi dirinya sendiri, bermanfaat bagi orang lain,   bertanggungjawab dan bahagia, (5) model sarana dan prasarana yang mendukung lingkungan dalam membentuk kultur pendidikan life skills, (6) model manajemen pendidikan berbasis sekolah/madrasah, mandiri, dan akuntabel, di dalamnya terdapat figur panutan (7) model evaluasi mencakup evaluasi proses dan hasil belajar dengan penekanan pada kompetensi yang mampu memberi solusi problema hidup.
Setelah dilakukan uji coba, model pendidikan life skills tersebut memiliki efektivitas sebagai panduan, terutama bagi para pengguna model. Oleh karena itu panduan model ini patut digunakan oleh guru dalam pembelajaran bidang studi berbasis life skills.
Semoga bermanfaat, amin.

                                                Semarang, Juli 2011
                                                Penulis

DAFTAR  ISI
HALAMAN JUDUL ..................................................................
KATA PENGANTAR ................................................................
DAFTAR ISI ..............................................................................
BAB I     :   PENDAHULUAN .................................................
A. Latar Belakang Masalah ......................................
B. Fokus, Tujuan dan Manfaat ................................
C. Kajian Pustaka ....................................................
E. Metodologi ........................................................
     1. Metode Pembahasan........................................
     2. Jenis dan Sumber Data ....................................
     3. Instrumen  ......................................................
     4. Teknik Pengumpulan Data .............................. 
     5. Uji Keabsahan Data .........................................
     6. Proses Pembuatan Model ................................
     7. Metode Analisis Data ......................................
     8. Langkah-Langkah Membangun Model............
F. Sistematika Pembahasan ......................................
BAB II    :   TEORI MODEL PENDIDIKAN
                     LIFE SKILLS .....................................................
                   A. Teori dan Model Pendidikan...............................
                        1. Arti Teori Model..............................................
                        2. Jenis dan indikator model ................................
                        3. Pendidikan Madrasah, Umum,
                            Kejuruan dan Pesantren ..................................
                   B. Teori Pendidikan Life Skills .................................
                        1. Pengertian, Tujuan dan Aspek Life Skills .. ....
     2. Life Skills sebagai Orientasi Pendidikan .........
     3. Life Skills Sebagai Profesionalisasi
         Pendidikan ......................................................
     4. Manajemen Pendidikan Life Skills ..................
C. Kerangka Berpikir Model Pendidikan
     Life Skills .............................................................



BAB III   :  PELAKSANAAN PENDIDIKAN LIFE SKILLS DI SEKOLAH /MADRASAH................
                   A. Sejarah Perkembangan Sekolah ..........................
                   B. Landasan Filosofis Pendidikan Life Skills...........
                   C. Jabaran Filosofi dalam Komponen Pendidikan....
                   D. Hasil dan Kompetensi Pembelajaran Life Skills...
                   E. Perbedaan Model Pendidikan Life Skills .............
 BAB IV  : ANALISIS PELAKSANAAN PENDIDIKAN SKILLS DI 3 (TIGA) SEKOLAH 
A.    Implementasi Konsep Pendidikan Life Skills........
1.   Personal Skills .................................................
2.   Social Skills .....................................................
3.  Academic Skills ...............................................
4.   Vocational Skills .............................................
B. Jabaran Life Skills dalam Komponen Pendidikan
     1. Model Kelembagaan ........................................
      2. Model Kurikulum ...........................................
      3. Model Pembelajaran .......................................
      4. Model Manajemen ..........................................
      5. Model Kompetensi Lulusan ...........................
      6. Kompetensi Pendidik dan Tenaga
          Kependidikan .................................................
      7. Model Media dan Sumber Belajar ..................
      8. Model Pembiayaan ..........................................
      9. Model Penilaian ...............................................
C. Evaluasi dan Pengembangan Model ....................
      1. Evaluasi Model ................................................
      2. Pengembangan Model ......................................
D. Model Hipotetik Pendidikan Life Skills ..............
      1. Kelemahan Model ...........................................
      2. Kendala Pelaksanaan .......................................
      3. Model Hipotetik ..............................................

BAB V  :  KONTRUKSI MODEL PENDIDIKAN
                  BERBASIS LIFE SKILLS .................................
A.    Hasil Pengujian Model ........................................
B.    Cakupan Model Pendidikan Life Skills.................
1. Filosofi Pendidikan Life Skills .......................
      2. Tujuan Pendidikan Life Skills ........................
      3. Kurikulum Pendidikan Life Skills .................
      4. Pembelajaran Pendidikan Life Skills ..............
     5. Kompetensi Pendidik dan Tenaga
         Kependidikan Life Skills.................................
      6. Kompetensi Lulusan Pendidikan Life Skills....
      7. Sarana dan Prasarana Pend. Life Skills ...........                               
      8. Lingkungan Pendidikan Life Skills ................
      9.  Manajemen Pendidikan Life Skills ................
      10. Evaluasi Pendidikan Life Skills ....................
      C.  Perbedaan Model ...............................................
BAB VI  :  PENUTUP ............................................................
       A. Kesimpulan ........................................................
       B. Saran dan Rekomendasi......................................
       C. Kata Penutup .....................................................
DAFTAR PUSTAKA ..............................................................
RIWAYAT PENULIS ..............................................................

11 komentar:

  1. BAGUS BUKUNYA ADA KONTAK YANG BISA DI HUBUNGI ATAU TIDAK KAMI INGIN PESAN

    BalasHapus
  2. mau buku ini pak,, caranya gimana ya?

    BalasHapus
  3. assalamu'alaikum pak, mohon bantuannya pak, dimana saya bisa mendapatkan atau membeli buku ini pak? karena saya sangat- sangat membutuhkan buku ini untuk penelitian saya. terimakasih pak

    BalasHapus
  4. Assalamu'alaykum pak buku ni dijual dmna ya? Tlg kontaknya dong kirim ke alamat qiqi.dinda9512@gmail.com trmksh pak

    BalasHapus
  5. Saya tertarik dg buku ini...please kontak at nellamuchlis@yahoo.co.id

    BalasHapus
  6. Ada yang tau gimana bisa beli buku ini gk? Kasih saran tolong

    BalasHapus
  7. Tolong dong siapa yang tau cara beli buku ini

    BalasHapus
  8. assalamu'alaikum, pak mohon bantuannya. Kira-kira dimana saya bisa mendapatkan atau membeli buku ini pak? karena saya sangat- sangat membutuhkan buku ini untuk penelitian saya. Terima kasih pak
    Mohon ketersediaan bapak mengirim alamat atau kontaknya ke alamat email elifrahmayanti@gmail.com

    BalasHapus
  9. assalamu'alaikum, pak mohon bantuannya. Kira-kira dimana saya bisa mendapatkan atau membeli buku ini pak? karena saya sangat- sangat membutuhkan buku ini untuk penelitian saya. Terima kasih pak
    Mohon ketersediaan bapak mengirim alamat atau kontaknya ke alamat email elifrahmayanti@gmail.com

    BalasHapus
  10. Titanium Tanks - The TITAN T-STANT T-STANT
    Steel Tank - $1.90. power supply titanium T-STANT Type T-STANT. T-STANT (2) | Manufacturer: TOTO, USA · Manufactured ray ban titanium by: titanium exhaust wrap TOTO, USA titanium fat bike · Warranty: 2 communitykhabar years.

    BalasHapus