KONSTRUKSI
MODEL PENDIDIKAN
BERBASIS LIFE SKILLS
Oleh:
Dr. H. Mudzakkir
Ali, M.A.
WAHID
HASYIM UNIVERITY PRESS
SEMARANG
2011
KONSTRUKSI MODEL PENDIDIKAN
BERBASIS LIFE SKILLS
Hak Cipta @ Mudzakkir Ali
Pertama kali diterbitkan dalam Bahasa Indonesia
Oleh : Wahid Hasyim University Press, Juli 2011
Disain sampul dan Ilustrasi :
Penata teks : Tim Penerbit Wahid Hasyim University Semarang
Cetakan I
Semarang,
2011
279 + viii halaman; 15,5 cm x 23 cm
ISBN : 978-602-8273-34-3
Hak cipta dilindungi undang-undang
Dilarang memperbanyak, mengutip sebagian atau
seluruh
isi buku ini dalam bentuk apapun, dengan cara
apapun,
Tanpa ijin tertulis dari pengarang dan penerbit
Isi di luar tanggung jawab
Wahid Hasyim University Press Semarang
KATA PENGANTAR
Di tengah
keterpurukan peran dan fungsi sosial pendidikan, kini para ahli pendidikan dan
pengambil kebijakan berusaha mencari
bentuk atau model pendidikan yang paling efektif untuk mewujudkan tercapainya
tujuan pendidikan nasional. Kelemahan pendidikan berkaitan dengan muatan kurikulum yang tidak atau kurang
dipersiapkan bagi peserta didik untuk mampu menghadapi problema hidup.
Kelemahan proses terletak pada kultur lingkungan yang tidak mendidik. Kelemahan
output terutama adanya
ketimpangan kualitas output dengan kualifikasi tenaga kerja yang dibutuhkan.
Tulisan ini merupakan sebuah konstruksi model pendidikan life skills sesuai filosofi pendidikan dan falsafah hidup bangsa yang selaras dengan
nilai-nilai Islam, yang didasarkan pada Research and Development (R & D) di 3 (tiga) sekolah /
madrasah.
Berdasarkan
analisis temuan, maka deskripsi pengembangan model
pendidikan life skills meliputi: (1) model kurikulum life skills yang sinergi dan terintegrasi
pada setiap mata pelajaran, (2) model pembelajaran secara interaktif dan terciptanya
kultur life skills yang kondusif
dalam satu lingkungan pendidikan, (3) model pendidik dan tenaga kependidikan yang
memiliki kompetensi dan menjadi teladan dalam kehidupan sehari-hari, (4)
model kompetensi lulusan yang sadar
menjalankan agamanya, berilmu, terampil, bermasyarakat, dan berbudaya.
Indikator kompetensinya, lulusan mampu menghidupi dirinya sendiri, bermanfaat
bagi orang lain, bertanggungjawab dan bahagia, (5) model
sarana dan prasarana yang mendukung lingkungan dalam
membentuk kultur pendidikan life skills, (6) model manajemen
pendidikan berbasis sekolah/madrasah, mandiri, dan akuntabel, di
dalamnya terdapat figur panutan (7) model evaluasi mencakup evaluasi proses
dan hasil belajar
dengan penekanan pada kompetensi yang mampu memberi solusi problema hidup.
Setelah
dilakukan uji coba, model pendidikan life skills tersebut
memiliki efektivitas sebagai panduan, terutama bagi para pengguna model. Oleh
karena itu panduan model ini patut digunakan oleh guru dalam pembelajaran bidang
studi berbasis life skills.
Semoga
bermanfaat, amin.
Semarang,
Juli 2011
Penulis
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL ..................................................................
KATA PENGANTAR
................................................................
DAFTAR ISI
..............................................................................
BAB I : PENDAHULUAN .................................................
A. Latar Belakang Masalah ......................................
B. Fokus, Tujuan dan Manfaat ................................
C. Kajian Pustaka ....................................................
E. Metodologi ........................................................
1.
Metode Pembahasan........................................
2.
Jenis dan Sumber Data
....................................
3. Instrumen ......................................................
4.
Teknik Pengumpulan Data
..............................
5.
Uji Keabsahan Data .........................................
6.
Proses Pembuatan Model ................................
7. Metode Analisis Data ......................................
8. Langkah-Langkah Membangun Model............
F. Sistematika Pembahasan ......................................
BAB
II : TEORI MODEL PENDIDIKAN
LIFE SKILLS .....................................................
A. Teori dan Model Pendidikan...............................
1. Arti Teori Model..............................................
2. Jenis dan indikator model ................................
3. Pendidikan Madrasah, Umum,
Kejuruan dan Pesantren ..................................
B. Teori Pendidikan Life Skills .................................
1. Pengertian, Tujuan dan Aspek Life
Skills .. ....
2.
Life Skills sebagai Orientasi Pendidikan .........
3. Life Skills Sebagai
Profesionalisasi
Pendidikan ......................................................
4.
Manajemen Pendidikan Life Skills ..................
C. Kerangka Berpikir Model Pendidikan
Life Skills .............................................................
|
A. Sejarah Perkembangan Sekolah ..........................
B.
Landasan Filosofis Pendidikan
Life Skills...........
C. Jabaran Filosofi dalam Komponen Pendidikan....
D.
Hasil dan Kompetensi Pembelajaran Life
Skills...
E. Perbedaan Model Pendidikan Life Skills .............
BAB IV : ANALISIS PELAKSANAAN PENDIDIKAN SKILLS DI 3 (TIGA) SEKOLAH
A. Implementasi Konsep Pendidikan Life Skills........
A. Implementasi Konsep Pendidikan Life Skills........
1. Personal Skills .................................................
2. Social Skills .....................................................
3. Academic Skills ...............................................
4. Vocational Skills .............................................
B. Jabaran Life Skills dalam Komponen Pendidikan
1. Model
Kelembagaan ........................................
2. Model Kurikulum ...........................................
3. Model Pembelajaran
.......................................
4. Model Manajemen ..........................................
5. Model Kompetensi Lulusan
...........................
6. Kompetensi Pendidik dan Tenaga
Kependidikan .................................................
7. Model Media dan Sumber
Belajar ..................
8. Model Pembiayaan ..........................................
9. Model Penilaian ...............................................
C. Evaluasi dan Pengembangan Model ....................
1. Evaluasi Model
................................................
2. Pengembangan Model ......................................
D. Model Hipotetik Pendidikan Life
Skills ..............
1. Kelemahan Model ...........................................
2. Kendala Pelaksanaan .......................................
3.
Model Hipotetik ..............................................
BAB V
:
KONTRUKSI MODEL PENDIDIKAN
BERBASIS LIFE SKILLS .................................
A. Hasil Pengujian Model ........................................
B. Cakupan Model Pendidikan Life Skills.................
1. Filosofi Pendidikan Life Skills
.......................
2. Tujuan Pendidikan Life Skills ........................
3. Kurikulum Pendidikan Life Skills .................
4. Pembelajaran Pendidikan Life Skills
..............
5.
Kompetensi Pendidik dan
Tenaga
Kependidikan Life Skills.................................
6. Kompetensi Lulusan Pendidikan Life Skills....
7.
Sarana dan Prasarana Pend. Life Skills ...........
8. Lingkungan Pendidikan Life Skills
................
9. Manajemen Pendidikan Life Skills
................
10. Evaluasi Pendidikan Life Skills
....................
C. Perbedaan Model
...............................................
BAB VI
:
PENUTUP
............................................................
A. Kesimpulan ........................................................
B. Saran
dan Rekomendasi......................................
C.
Kata Penutup .....................................................
DAFTAR PUSTAKA ..............................................................
RIWAYAT PENULIS ..............................................................
BAGUS BUKUNYA ADA KONTAK YANG BISA DI HUBUNGI ATAU TIDAK KAMI INGIN PESAN
BalasHapusmau buku ini pak,, caranya gimana ya?
BalasHapusassalamu'alaikum pak, mohon bantuannya pak, dimana saya bisa mendapatkan atau membeli buku ini pak? karena saya sangat- sangat membutuhkan buku ini untuk penelitian saya. terimakasih pak
BalasHapusAssalamu'alaykum pak buku ni dijual dmna ya? Tlg kontaknya dong kirim ke alamat qiqi.dinda9512@gmail.com trmksh pak
BalasHapusSaya tertarik dg buku ini...please kontak at nellamuchlis@yahoo.co.id
BalasHapusAda yang tau gimana bisa beli buku ini gk? Kasih saran tolong
BalasHapusTolong dong siapa yang tau cara beli buku ini
BalasHapusassalamu'alaikum, pak mohon bantuannya. Kira-kira dimana saya bisa mendapatkan atau membeli buku ini pak? karena saya sangat- sangat membutuhkan buku ini untuk penelitian saya. Terima kasih pak
BalasHapusMohon ketersediaan bapak mengirim alamat atau kontaknya ke alamat email elifrahmayanti@gmail.com
assalamu'alaikum, pak mohon bantuannya. Kira-kira dimana saya bisa mendapatkan atau membeli buku ini pak? karena saya sangat- sangat membutuhkan buku ini untuk penelitian saya. Terima kasih pak
BalasHapusMohon ketersediaan bapak mengirim alamat atau kontaknya ke alamat email elifrahmayanti@gmail.com
Beli dong
BalasHapusTitanium Tanks - The TITAN T-STANT T-STANT
BalasHapusSteel Tank - $1.90. power supply titanium T-STANT Type T-STANT. T-STANT (2) | Manufacturer: TOTO, USA · Manufactured ray ban titanium by: titanium exhaust wrap TOTO, USA titanium fat bike · Warranty: 2 communitykhabar years.