Minggu, 13 Desember 2015

Buku Ilmu Pendidikan Islam



Dr. H. Mudzakkir Ali, MA


ILMU
PENDIDIKAN
ISLAM



Edisi Revisi





PKPI2 Universitas Wahid Hasyim
SEMARANG


     Perspustakaan Nasional: Katalog dalam terbitan (KDT)

ALI, Mudzakkir

                Ilmu Pendidikan Islam /Mudzakkir Ali,
      Semarang: PKPI2 Universitas Wahid Hasyim Semarang, 2012

ILMU PENDIDIKAN ISLAM
_______________________________

Oleh : Dr. H. Mudzakkir Ali, MA

Diterbitkan oleh
PKPI2 Universitas Wahid Hasyim
Jl. Menoreh Tengah X Sampangan
Semarang 50236

----------------------------------------------------------------------------
Hak cipta dilindungi undang-undang. Dilarang memperbanyak
Buku ini sebagian atau seluruhnya, dalam bentuk dan dengan
cara apapun juga, baik secara mekanis maupun elektronis,
termasuk fotokopi, rekaman, dan lain-lain tanpa izin tertulis
dari penulis dan penerbit
----------------------------------------------------------------------------

Cetakan pertama,  1999
Cetakan kedua, 2003
Cetakan ketiga, 2006
Cetakan keempat, 2009
Cetakan kelima, Edisi Revisi, 2012


ISBN 979-98132-0-4






KATA PENGANTAR

          Segala puji bagi Allah Swt atas limpahan nikmat, rahmat, berkah, dan ridlaNya sehingga buku ini dapat disusun untuk memenuhi tuntutan akademik, kepentingan mahasiswa pada khususnya dan masyarakat pada umumnya.
          Pendidikan Islam merupakan tuntutan setiap muslim baik sebagai perorangan, anggota keluarga maupun sebagai kelompok masyarakat. Terlebih bagi orang tua pada saat ini merasa semakin miris terhadap perubahan zaman penuh tantangan yang dihadapi putra-putrinya, maka pendidikan yang berlandaskan Islam adalah sebuah keniscayaan.
Pendidikan Islam sebagai ilmu yang berdiri sendiri, masih diragukan oleh banyak orang, maka buku ini menjawab permasalahan tersebut. Isi buku ini masih sangat sederhana, tetapi dilengkapi dengan beberapa dalil diharapkan dapat membantu pemahaman terhadap kependidikan Islam.
          Buku ini juga sebagai salah satu bahan bagi mahasiswa dalam mengikuti kuliah Ilmu Pendidikan Islam atau mereka yang memiliki perhatian terhadap masalah kependidikan pada umumnya dan pendidikan Islam pada khususnya.
Semoga bermanfaat, amin.
                                                                                                                           Semarang, Desember 2012
                                                          Penulis

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR .......................................................................................iii
DAFTAR ISI ................................................................................................v

BAB I       PENDAHULUAN ……………………………………….........................................1
A.     Pengertian Ilmu Pendidikan Islam …………........................................1
1. Pengertian Ilmu .....................................................................1
2. Pendidikan Islam ....................................................................7
3. Keilmuan Ilmu Pendidikan Islam ................................................24
B.     Objek Ilmu Pendidikan Islam  ………………........................................37
C.     Fungsi Pendidikan Islam  ……………………..........................................38
D.     Metodologi Ilmu Pendidikan Islam ………..........................................41
1. Filosofi Pendidikan Islam ..........................................................42
2. Pendekatan dalam Pendidikan Islam ..........................................47
3. Metode dan Teknik Pendidikan Islam .........................................51

BAB II      DASAR-DASAR PENDIDIKAN ISLAM ...................................................53
A.    Landasan Dasar Umum ...............................................................53
B.    Landasan Dasar Khusus...............................................................54
1.  Nilai Positif Kejadian Manusia untuk Pendidikan .............................. 54
2.  Kewajiban Manusia Melaksanakan Aktivitas Berfikir .........................62
3.  Model Pendidikan dalam Al-Qur’an ...............................................66

BAB III    TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM ............................................................69
                    
BAB IV     PENDIDIK DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM ..............................81
A.    Derajat Pendidik dalam Islam ........................................................81
B.    Tanggungjawab Pendidik ..............................................................86
C.    Syarat-Syarat Pendidik .................................................................89
D.   Sifat-Sifat yang harus Dimiliki Pendidik ..............................................93
E.    Adab Orang Berilmu menurut KH Hasyim Asy’ari ..............................103
BAB V      PESERTA DIDIK DALAM PENDIDIKAN ISLAM ......................................111     
              A. Cakupan Pengertian Peserta Didik ..................................................111
              B. Dasar-Dasar Belajar / Mencari Ilmu ................................................113
              C. Konsep Dasar Manusia dalam Islam ...............................................119
              D. Hak dan Kewajiban Peserta Didik ...................................................150
              E. Adab Peserta didik Menurut KH Hasyim Asy’ari .................................156

BAB VI     ALAT PENDIDIKAN DALAM PENDIDIKAN ISLAM...................................161
A.    Alat / Media Pendidikan ...............................................................161
B.    Metode dan Prinsip Belajar Dalam Alquran........................................163
C.    Metode Pendidikan Alquran ..........................................................176

BAB VII    LINGKUNGAN PENDIDIKAN DALAM PENDIDIKAN ISLAM .......................193
A.    Institusi Sosial ...........................................................................193
B.    Pusat Pendidikan ........................................................................206

BAB VIII   KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM ......................................................215
A.    Fungsi dan Komponen Kurikulum ....................................................215
B.    Prinsip-Prinsip Pengembangan Kurikulum............................................217

BAB IX     ORGANISASI, ADMINISTRASI, SUPERVISI
              DAN EVALUASI PENDIDIKAN ISLAM ...................................................249

BAB X      VISI, MISI, STRATEGI DAN POLITIK PENDIDIKAN
              DALAM PENDIDIKAN ISLAM...............................................................264
A.    Visi Pendidikan Islam ...................................................................265
B.    Misi Pendidikan Islam ...................................................................271
C.    Strategi dan Politik Pendidikan Islam ................................................275

DAFTAR PUSTAKA ........................................................................................284
DAFTAR RIWAYAT HIDUP PENULIS..................................................................297

Download Buku :
BUKU ILMU PENDIDIKAN ISLAM

7 komentar:

  1. pak bukunya masih ada gak kalau masih ada, silangkan balas ke email, kikihp1@gmail.com, saya mau beli

    BalasHapus
  2. Assalamu'alaikum wr wb pak mintak akses bukunya sangat membantu

    BalasHapus
  3. Pak, minta akses bukunya. Sangat bermanfaat

    BalasHapus
  4. Pak Minta akses bukunya sangat bagus

    BalasHapus
  5. Pak minta akses bukunya bagus dan sangat bermanfaat

    BalasHapus
  6. Assalamualaikum. Izin minta aksesnya nggih Pak

    BalasHapus