PENDIDIKAN KARAKTER
BANGSA
BERBASIS KITAB KUNING
DI PESANTREN
Disusun oleh :
Noor Achmad, Mahmutarom hr, Mudzakkir Ali dan Aminuddin Sanwar
WAHID HASYIM UNIVERSITY PRESS
Mencari Model Pendidikan Karakter Bangsa Berbasis Kitab Kuning di Pesantren ini merupakan hasil penelitian yang dilakukan oleh Tim Peneliti dari Universitas Wahid Hasyim bekerjasama dengan Yayasan Rumah Kita Bersama (Rumah Kitab) atas beaya Kementerian Agama Republik Indonesia. Penelitian dilakukan di 7 (tujuh) Propinsi, meliputi Jawa Tengah, Daerah Istimewa Jogyakarta, Jawa Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Maluku dan Papua. Penelitian ini diharapkan mampu mencari Model Pendidikan Karakter Bangsa yang bersumber dari nilai-nilai luhur bangsa Indonesia sendiri dengan mengambil dan mengkaji dari beberapa literatur kitab kuning yang selaama ini menjadi rujukan dunia pesantren. Pesantren sejak perjuangan kemerdekaan telah menunjukkan kiprahnya dalam upaya mewujudkan kemerdekaan bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia. Bahkan dalam penentuan dasar negara, dunia pesantren yang terwakili oleh figur ulamanya seperti KH A. Wahid Hasyim telah menunjukkan sikap yang toleran, tenggangrasa, dan bijak dalam menghadapi keberagaman. Nilai-nilai inilah yang akan dikembaangkan dalam model pendidikan karakter bangsa kedepan.
ISBN: 978-602-8273-38-1
MENCARI MODEL PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA
BERBASIS KITAB KUNING DI PESANTREN
Hak Cipta @ Noor Achmad, dkk
Pertama kali diterbitkan dalam Bahasa Indonesia
Oleh : Wahid Hasyim University Press, Desember 2011
Disain sampul dan Ilustrasi : Romy MT
Penata teks : Tim Penerbit Wahid Hasyim University Semarang
Perpustakaan Nasional: Katalog dalam Terbitan (KDT)
Noor Achmad, dkk
MENCARI MODEL PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA BERBASIS KITAB KUNING
DI PESANTREN
Cetakan I
Semarang : Badan Penerbit Universitas Wahid Hasyim, 2011
159 + vi halaman; 15,5 cm x 23 cm
ISBN : 978-602-8273-38-1
Hak cipta dilindungi undang-undang
Dilarang memperbanyak, mengutip sebagian atau seluruh
isi buku ini dalam bentuk apapun, dengan cara apapun,
Tanpa ijin tertulis dari pengarang dan penerbit
Isi di luar tanggung jawab Wahid Hasyim University Press Semarang
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR..................................................................
DAFTAR ISI.................................................................................
BAB I : PENDAHULUAN...........................................................
A. Latar Belakang ..........................................................
B. Fokus Penelitian .......................................................
C. Tujuan Penelitian .......................................................
D. Hasil Penelitian yang diharapkan ...........................
E. Metode Pengembangan...........................................
BAB II : PENDIDIKAN, PENDIDIKAN PESANTREN
DAN PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA .......................................
A. Makna dan Tujuan Pendidikan .............................................................
B. Pendidikan Pesantren ........................................................................
C. Pendidikan Karakter Bangsa..................................................................
D. Pendidikan Karakter Bangsa di Pesantren......................................
E. Konsep Model Pendidikan Karakter Bangsa di
Pesantren ............................................................................................
F. Kerangka Konsep Model Pendidikan Karakter
Bangsa Berbasis Kitab Kuning dan Tradisi Pesantren
Urgensinya dalam Sistem Pendidikan Nasional.................................
BAB III : BEST PRACTICES PESANTREN DALAM PENGHAYATAN NILAI-NILAI KARAKTER BANGSA............................................................................................................
A. Pesantren dan Kontribusinya dalam Sejarah...................................
B. Best Practices dalam Penghayatan Nilai-nilai
Kebangsaan ...........................................................................................
1. Best Practice Visi Kebangsaan & Cinta Tanah Air........................
2. Best Practice Toleransi dan Anti Kekerasan ..........................
3. Best Practice Kesetaraan ............................................................
4. Best Practice Demokrasi ...........................................................
5. Best Practice Keadilan Sosial ...................................................
C. Best Practices dalam Penghayatan Nilai-Nilai
Kepribadian Mulia (Akhlakul Karimah) .......................................
BAB IV : BASIS ARGUMENTASI NILAI-NILAIYANG BERKEMBANG DI PESANTREN
A. Dalil Al-Qur'an, Hadits dan Kitab Kuning ....................................
B. Terbangunnya Karakter bagi Tujuan Pendidikan............................
C. Tiga Unsur Kunci di Pesantren ...................................................
D. Sistem Pendidikan dan Kurikulum ..................................................
BAB V : NILAI-NILAI DI DALAM KITAB KUNING YANG
DIAJARKAN DI PESANTREN .................................................................
A. Nilai-Nilai Berbasis Kitab Kuning yang diajarkan
di Pesantren .........................................................................................
B. Nilai-Nilai Karakter Bangsa yang Terkandung
dalam Kitab Kuning .............................................................................
C. Ambivalensi Nilai-Nilai .......................................................................
BAB VI : WACANA YANG BERKEMBANG DI PESANTREN
A. Wacana tentang Isu-Isu Kebangsaan ..................................................
B. Kekhasan Sistem Pendidikan di Pesantren dan
Efektivitasnya dalam Membangun Karakter Santri...............................
BAB VII : SISTEM PENDIDIKAN DI PESANTREN UNTUKPENGEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA ......................................................................................
A. Sistem Pendidikan di Pesantren: Pengenalan awal...............................
B. Falsafah Pendidikan di Pesantren.........................................................
C. Metode Pembentukan Karakter ...........................................................
D. Nilai-Nilai Kebangsaan yang Dikembangkan di
Pesantren ...............................................................................................
BAB VIII : BEST PRACTICES PENERAPAN NILAI-NILAI
DI PESANTREN ........................................................................................
A. Gotong Royong ......................................................................................
B. Persaudaraan .........................................................................................
C. Kebebasan ...........................................................................................
D. Menghargai Pendapat Orang lain .....................................................
E. Kesederhanaan .................................................... ...............................
F. Kemandirian ..........................................................................................
G. Akhlakul Karimah ..................................................................................
BAB IX : PENGEMBANGAN MODEL PENDIDIKAN
KARAKTER BANGSA ............................................................................
A. Pengembangan Model ..........................................................................
B. Hasil Pengujian Model ......................................................................
BAB X : SIMPULAN DAN REKOMENDASI........................................................
A. Simpulan.............................................................................................
B. Rekomendasi ....................................................................................
DAFTAR PUSTAKA................................................................... ..........................
Ass. Wr. Wb
BalasHapusMhon maaf kyai, gimana cara mendapatkan buku ini, karena utk menambahi referensi buat ujian kualifikasi
assalamu'alaikum Kyai, dospundi cara mendapatkan buku ini
BalasHapus