Senin, 21 Desember 2015

Buku Pendidikan Karakter Bangsa


MENCARI MODEL 
PENDIDIKAN KARAKTER 
BANGSA

BERBASIS KITAB KUNING
 DI PESANTREN
                                                                                                                 








Disusun oleh : 
Noor Achmad, Mahmutarom hr, Mudzakkir Ali dan Aminuddin Sanwar





WAHID HASYIM UNIVERSITY PRESS


Mencari Model Pendidikan Karakter Bangsa Berbasis Kitab Kuning di Pesantren ini merupakan hasil penelitian yang dilakukan oleh Tim Peneliti dari Universitas Wahid Hasyim bekerjasama dengan Yayasan Rumah Kita Bersama (Rumah Kitab) atas beaya Kementerian  Agama Republik Indonesia. Penelitian dilakukan di 7 (tujuh) Propinsi, meliputi Jawa Tengah, Daerah Istimewa Jogyakarta, Jawa Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Maluku dan Papua. Penelitian ini diharapkan mampu mencari Model Pendidikan Karakter Bangsa yang bersumber  dari nilai-nilai luhur bangsa Indonesia sendiri dengan mengambil dan mengkaji dari beberapa literatur kitab kuning yang selaama ini menjadi rujukan dunia pesantren. Pesantren sejak perjuangan kemerdekaan telah menunjukkan kiprahnya dalam upaya mewujudkan kemerdekaan bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia. Bahkan dalam penentuan dasar negara, dunia pesantren yang terwakili oleh figur ulamanya seperti KH A. Wahid Hasyim telah menunjukkan sikap yang toleran, tenggangrasa, dan bijak dalam menghadapi keberagaman. Nilai-nilai inilah yang akan dikembaangkan dalam model pendidikan karakter bangsa kedepan.


                          ISBN: 978-602-8273-38-1





MENCARI MODEL PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA
BERBASIS KITAB KUNING DI PESANTREN

Hak Cipta @ Noor Achmad, dkk

Pertama kali diterbitkan dalam Bahasa Indonesia
Oleh : Wahid Hasyim University Press, Desember 2011


Disain sampul dan Ilustrasi : Romy MT
Penata teks : Tim Penerbit  Wahid Hasyim University Semarang

Perpustakaan Nasional: Katalog dalam Terbitan (KDT)
Noor Achmad, dkk

MENCARI MODEL PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA BERBASIS KITAB KUNING  
DI PESANTREN

            Cetakan I
Semarang : Badan Penerbit Universitas Wahid Hasyim, 2011
159 + vi halaman; 15,5 cm x 23 cm
ISBN : 978-602-8273-38-1

Hak cipta dilindungi undang-undang



         
Dilarang memperbanyak, mengutip sebagian atau seluruh
isi buku ini dalam bentuk apapun, dengan cara apapun,
Tanpa ijin tertulis dari pengarang dan penerbit

Isi  di luar tanggung jawab Wahid Hasyim University Press Semarang

DAFTAR ISI

           
KATA PENGANTAR.................................................................. 
DAFTAR ISI................................................................................. 

BAB I : PENDAHULUAN........................................................... 
         A. Latar Belakang .......................................................... 
         B. Fokus Penelitian ....................................................... 
         C. Tujuan Penelitian .......................................................
         D. Hasil Penelitian yang diharapkan ...........................
         E. Metode Pengembangan...........................................

BAB II : PENDIDIKAN, PENDIDIKAN PESANTREN
               DAN PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA .......................................
                 A. Makna dan Tujuan Pendidikan .............................................................
                 B. Pendidikan Pesantren ........................................................................
                 C. Pendidikan Karakter Bangsa..................................................................
                 D. Pendidikan Karakter Bangsa di Pesantren......................................
                 E. Konsep Model Pendidikan Karakter Bangsa di
                   Pesantren ............................................................................................
                 F. Kerangka Konsep Model Pendidikan Karakter
                    Bangsa Berbasis Kitab Kuning dan Tradisi Pesantren
                    Urgensinya dalam Sistem Pendidikan Nasional.................................

 BAB III : BEST PRACTICES PESANTREN DALAM PENGHAYATAN NILAI-NILAI KARAKTER BANGSA............................................................................................................
                 A. Pesantren dan Kontribusinya dalam Sejarah...................................
                 B. Best Practices dalam Penghayatan Nilai-nilai
                    Kebangsaan ...........................................................................................
                    1. Best Practice Visi Kebangsaan & Cinta Tanah Air........................ 
                    2. Best Practice Toleransi dan Anti Kekerasan ..........................
                    3. Best Practice Kesetaraan ............................................................
                    4. Best Practice Demokrasi ...........................................................
                    5. Best Practice Keadilan Sosial ...................................................
                 C. Best Practices dalam Penghayatan Nilai-Nilai
                     Kepribadian Mulia (Akhlakul Karimah) .......................................
  
 BAB IV : BASIS ARGUMENTASI NILAI-NILAIYANG BERKEMBANG DI PESANTREN
                 A. Dalil Al-Qur'an, Hadits dan Kitab Kuning ....................................
                 B. Terbangunnya Karakter bagi Tujuan Pendidikan............................
                 C. Tiga Unsur Kunci di Pesantren ...................................................
                 D. Sistem Pendidikan dan Kurikulum ..................................................

 BAB V : NILAI-NILAI DI DALAM KITAB KUNING YANG
                 DIAJARKAN DI PESANTREN .................................................................
                 A. Nilai-Nilai Berbasis Kitab Kuning yang diajarkan
                      di Pesantren .........................................................................................
                 B. Nilai-Nilai Karakter Bangsa yang Terkandung
                     dalam Kitab Kuning .............................................................................
                 C. Ambivalensi Nilai-Nilai .......................................................................

 BAB VI : WACANA YANG BERKEMBANG DI PESANTREN
                 A. Wacana tentang Isu-Isu Kebangsaan ..................................................
                 B. Kekhasan Sistem Pendidikan di Pesantren dan
                     Efektivitasnya dalam Membangun Karakter Santri...............................

 BAB VII : SISTEM PENDIDIKAN DI PESANTREN UNTUKPENGEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA ......................................................................................
                 A. Sistem Pendidikan di Pesantren: Pengenalan awal...............................
                 B. Falsafah Pendidikan di Pesantren.........................................................
                 C. Metode Pembentukan Karakter ...........................................................
                 D. Nilai-Nilai Kebangsaan yang Dikembangkan di
                      Pesantren ...............................................................................................

 BAB VIII : BEST PRACTICES PENERAPAN NILAI-NILAI
                   DI PESANTREN ........................................................................................
                 A. Gotong Royong ......................................................................................
                 B. Persaudaraan .........................................................................................
                 C. Kebebasan ...........................................................................................
                 D. Menghargai Pendapat Orang lain .....................................................
                 E. Kesederhanaan .................................................... ...............................
                 F. Kemandirian ..........................................................................................
                 G. Akhlakul Karimah ..................................................................................

 BAB IX : PENGEMBANGAN MODEL PENDIDIKAN
                 KARAKTER BANGSA ............................................................................
                 A. Pengembangan Model ..........................................................................
                 B. Hasil Pengujian Model ......................................................................
 BAB X : SIMPULAN DAN REKOMENDASI........................................................
                 A. Simpulan.............................................................................................
                 B. Rekomendasi ....................................................................................

 DAFTAR PUSTAKA................................................................... ..........................
 LAMPIRAN-LAMPIRAN  

Download Buku :


BUKU PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA

2 komentar:

  1. Ass. Wr. Wb
    Mhon maaf kyai, gimana cara mendapatkan buku ini, karena utk menambahi referensi buat ujian kualifikasi

    BalasHapus
  2. assalamu'alaikum Kyai, dospundi cara mendapatkan buku ini

    BalasHapus