MODEL
KEPEMIMPINAN
PENDIDIKAN
Dr.
H. Mudzakkir Ali, MA
Wahid Hasyim
University Press
SEMARANG
2015
Perspustakaan Nasional: Katalog dalam terbitan (KDT)
ALI, Mudzakkir
Model
Kepemimpinan Pendidikan/Mudzakkir Ali,
Semarang: Wahid Hasyim University Press, 2009,
2015
_______________________________
MODEL KEPEMIMPINAN
PENDIDIKAN
_______________________________
Oleh : Dr. H. Mudzakkir Ali, MA
Diterbitkan oleh
Wahid Hasyim
University Press
Jl. Menoreh Tengah X Sampangan
Semarang 50236
Hak cipta 2015, pada penulis
------------------------------------------------------------
Dilarang
memperbanyak Buku ini sebagian atau seluruhnya, dalam bentuk dan dengan cara
apapun juga, baik secara mekanis maupun elektronis, termasuk fotokopi, rekaman,
dan lain-lain tanpa izin tertulisdari penulis dan penerbit
------------------------------------------------------------
Cetakan pertama, Agustus 2009
Cetakan kedua, September 2015
ISBN 978-602-8273-17-6
KATA PENGANTAR
Kepemimpinan merupakan seni mempengaruhi orang lain
untuk membawa mereka menuju tujuan yang diharapkan, sehingga teori atau model
atau cara memimpin sangat diperlukan bagi setiap orang. Hal ini beralasan
karena pada dasarnya setiap orang adalah pemimpin sesuai dengan tingkat dan
kapasitasnya masing-masing. Demikian juga pendidikan dalam arti luas adalah
hidup, baik in put, proses dan out put-nya pun berhubungan
dengan hidup dan kehidupan manusia. Bahkan pendidikan dirasa mampu atau cukup
efektif dalam membentuk suatu tatanan masyarakat.
Oleh karenanya kepemimpinan pendidikan sangat
penting untuk dipelajari, dipahami, dipraktekkan dan diaplikasikan dalam
kehidupan, terutama bagi mahasiswa atau siapapun yang hendak melanjutkan
kepemimpinan di suatu lingkungan masyarakat, khususnya lingkungan pendidikan.
Semoga tulisan yang singkat dan
sederhana ini dapat memberi manfaat bagi banyak orang, amin.
Penulis
DAFTAR ISI
KATA
PENGANTAR .............................................................
DAFTAR
ISI ………………………………………………….
BAB I
: PENDAHULUAN …………………………………..
A.
Arti Kepemimpinan ................................................
B. Perbedaan Kepemimpinan
dan Manajemen ............
C.
Arti Kepemimpinan Pendidikan ..............................
D.
Arti Teori dan Model Kepemimpinan Pendidikan ..
D.
Nilai-Nilai Kepemimpinan
dalam Islam .................
BAB II : UNSUR-UNSUR KEPEMIMPINAN
.......................
A. Pemimpin Pendidikan dan
Karakteristiknya ...........
B. Anggota / Pengikut Kepemimpinan .......................
C. Sistem Mekanisme Kepemimpinan .......................
D. Tujuan Kepemimpinan Pendidikan........................
E. Visi
dan Misi dalam Kepemimpinan Pendidikan ...
F. Strategi dalam Kepemimpinan ...............................
BAB III : FUNGSI-FUNGSI KEPEMIMPINAN .................
A. Sebagai Penentu Arah ..........................................
B. Sebagai Juru Bicara Organisasi ............................
C. Sebagai Komunikator ..........................................
D. Sebagai Mediator .................................................
E. Sebagai Integrator ...............................................
BAB IV : BENTUK-BENTUK KEPEMIMPINAN
..............
A. Pemimpin Formal dan Informal
..........................
B. Klasifikasi pemimpin ..........................................
C. Pendekatan yang dipakai Pemimpin
...................
1. Implementasi Sifat Allah & Rasul
.................
2. Implementasi Asmaul Husna dan Asma Nabi
BAB V : TEORI DAN TIPE KEPEMIMPINAN
..................
A. Teori Kepemimpinan...........................................
B. Tipe Kepemimpinan ..........................................
BAB VI : KEPALA SEKOLAH SEBAGAI PEMIMPIN
....
A. Sebagai Pejabat Formal......................................
B. Sebagai Leader ..................................................
C. Sebagai Direktur ................................................
D. Sebagai Manajer
................................................
E. Sebagai Pendidik ...............................................
F. Sebagai Administrator
.......................................
G. Sebagai Konselor ...............................................
BAB VII : PERAN PEMIMPIN PENDIDIKAN
..................
BAB VIII : KETERAMPILAN PEMIMPIN
PENDIDIKAN
A. Kompetensi sebagai Pendidik ...........................
B. Kompetensi sebagai Manajer
............................
C. Kompetensi sebagai petugas Sosial
...................
D. Ciri-Ciri Pemimpin Pendidikan Ideal ................
E. Komitmen Pemimpin Pendidikan ......................
F. Keterampilan Teknis Kepala Sekolah ...............
BAB IX : EVALUASI PEMIMPIN PENDIDIKAN
............
BAB X : ETIKA PEMIMPIN PENDIDIKAN ......................
A. Etika Profesi ........................................................
B. Etika Jabatan .......................................................
C. Etika Kebangsaan ...............................................
DAFTAR PUSTAKA
............................................................
Download Buku :
BUKU MODEL KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN
Tidak ada komentar:
Posting Komentar